Artikel / AGARPAC

Kamu Tau Ga Sih Apa Itu Binge Eating Berikut Penjelasannya

Blog Artikel dan Info

Kamu Tau Ga Sih Apa Itu Binge Eating Berikut Penjelasannya

Obesitas menjadi salah satu permasalahan kesehatan yang banyak ditemukan di masyarakat dunia. Banyak faktor yang menyebabkannya, salah satunya yaitu pola makan yang berlebihan. Tapi, makan yang berlebihan rupanya tak hanya disebabkan oleh nafsu belaka. Ada gangguan pola makan yang dinamakan Binge Eating Disorder (BED) yang membuat penderitanya sering kali kali makan tak stop dengan porsi besar-besaran.

Kelainan binge eating bisa ditemukan di berjenis-jenis umur, dan lebih umum terjadi dibanding gangguan pola makan lain seperti anoreksia atau bulimia nervosa. Kelainan binge eating ditemukan pada 3,5% wanita dewasa dan 2% pria dewasa. Kelainan ini pertama kali ditemukan pada penderita obesitas di tahun 1959, namun baru menjadi diagnosis utama semenjak 1990.

Apa saja gejala binge eating disorder?

-Makan dalam porsi yang betul-betul banyak dalam periode waktu tertentu, contohnya dalam waktu 2 jam.
-Tidak bisa mengendalikan nafsu makan dan seberapa banyak yang dia makan.
-Makan sedangkan telah merasa kembung atau tak merasa lapar.
-Makan hingga perut terasa benar-benar terisi penuh dan terasa tak nikmat.
-Kerap menyimpan dan menyembunyikan makanan untuk dimakan nanti.
-Kerap makan sendiri saat orang lain tak memperhatikan, dikarenakan malu dengan situasi yang dialaminya.
-Merasa bersalah, depresi, dan jijik setelah menjalankan aktivitas makan seperti di atas.
-Merasa stress yang hanya bisa diselesaikan dengan makan.
-Putus asa untuk  mengendalikan berat badan dan pola makan.

Berbeda dengan penderita bulimia nervosa, pada binge eating disorder, penderita tak memiliki kecenderungan untuk memuntahkan makanan, meminum obat pencahar, atau olahraga berlebihan. Derajat keparahan dari binge eating disorder ditetapkan dari seberapa sering kali binge-nya “kambuh” dalam tiap minggunya.

Apakah kelainan binge eating membahayakan?

Binge eating yang tak terkontrol bisa menyebabkan kelebihan berat badan dan obesitas. Obesitas sendiri yaitu faktor risiko dari berjenis-jenis penyakit seperti stroke, penyakit jantung, dan lainnya.

Kecuali itu, binge eating juga bisa menyebabkan permasalahan jasmani, mental, dan sosial. Orang dengan kelainan binge eating cenderung menderita berjenis-jenis gangguan seperti stress, depresi, kecemasan, insomnia, dan kemauan buruh diri dibandingi orang dengan pola makan normal.

Agarpac minuman dengan kaya serat yang terbuat dari rumput laut merah sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaaan anda dan juga untuk Diet Keto dengan mengkonsumsi 1 hari dua kali dalam program diet keto anda akan memberikan hasil diet yang terbaik.

Agarpac produk dari Swallow Globe Brand Indonesia produsen agar agar terbesar di indonesia yang telah dipercaya selama puluhan tahun.

05/01/2018
4382 orang telah membaca artikel ini.
|Wikipedia |